Selasa, 24 April 2012

TEHkNOLOGI


1. Jelaskan persinggungan antara tekhnologi dengan pendidikan :
~ Revolusi tekhnologi adalah bagian dari masyarakat dan informasi dimana kita kini hidup. Di dunia yang kini berorientasi tekhnologi,  kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan cepat. Pendidikan dan tekhnologi adalah dua hal yang tidak dapat bisa dipisahkan.  Pendidikan semakin berkembang juga karena adanya dorongan fasilitas dari tekhnologi,  begitu juga sebaliknya, individu memerlukan pendidikan yang maksimal untuk menemukan tekhnologi yang lebih canggih. Jadi dua hal ini selalu berkesinambungan.

2. Bagaimana konteks penggunaan internet dengan pendidikan yang ada di indonesia khususnya medan, kemudian bagaimana perbandingan 'melek tekhnologi' ?
~ konteks penggunaan internet disekolah khususnya di Medan menurut kami belum meluas, karena masih ada ditemukan beberapa sekolah yang tidak menggunakan jasa internet dalam hal menyampaikan pendidikan. Tetapi internet sudah lebih dikenal oleh pelajar bukan dalam konteks untuk pendidikan, masih banyak pelajar yang belum mengetahui situs situs pendidikan yang bisa mereka gunakan untuk mengerjakan tugas dari sekolah, tetapi mereka lebih tertarik pada jejaring sosial.
~ 'melek tekhnologi'
Perbandingannya sangat signifikan sekali,  dari data standar murid yang 'melek tekhnologi' pada grade 6-8 itu sudah mengenal hubungan internet dengan lapangan pekerjaan, jadi pelajar sudah bisa menggunakan tekhnologi dalam penelitian mereka pada dunia lapangan pekerjaan, dan juga sudah bisa menghasilkan produk sperti mempunya halaman web sendiri.
Sedangkan di Indonesia,  khususnya di Medan pada grade 6-8 atau biasa kita sebut tingkat SMP, penggunaan internet untuk dunia pendidikan itu sangat minim sekali, pengajaran tekhnologi disekolah bertumpu pada penggunaan aplikasi komputer tersebut, sangat jarang ditemukan pengajaran tentang penggunaan internet untuk lapangan pekerjaan. 

3. Bagaimana pendapat tentang ubiquitous computing?
~ ubiquitous computing adalah generasi ketiga yang menekankan pada distribusi ke lingkungan daripada personal.
~ ubiquitous computing ini akan berputar pada roda lingkungan,  jadi kalau selama ini kita mengenal tekhnologi komputer itu tidak biss kita temukan dimana saja ataupun hanya ditempat tertentu, maka ubiquitous computing ini akan menciptakan komputer yang bisa kita temukan dimana saja. Kalau pada era sebelumnya untuk mengerjakan tugas pada microsoft word, kita harus mencari warnet ataupun kembali ke rumah untuk menemukan komputer yang didalamnya ada aplikasi microsoft word, tapi pada era ubiquitous computing ini akan bisa dengan mudah kita mengerjakan tugas yang menggunakan aplikasi komputer itu dimana saja dan kapan saja, karena mungkin aplikasi tersebut sudah terdpat pada gadget2 yang sudah banyak diciptakan sekrang,gadget yang mudah di bawa, dan bisa mengakses internet kpaan saja. Ini lah yang di sebut ubiquitous computing.
~ jika ubiquitous computing ini cocok untuk pendidikan, maka harus dilakukan sosialisasi penggunaan nya, jangan sampai ada ketidak seimbangan pemahaman dengan tekhnologi generasi ketiga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar